Tips Cara Merawat Kulit Wajah Berjerawat - Rivew Beauty

Desember 28, 2020

Tips Cara Merawat Kulit Wajah Berjerawat

Sumber Gambar: hallosehat.com

Masalah kulit wajah pasti banyak dialami oleh setiap orang apalagi disaat kita sudah mulai beranjak dewasa atau pubertas. Salah satu masalah kulit wajah yang sering dialami yaitu masalah kulit berjerawat, jenis kulit berjerawat ini memerlukan perawatan ekstra. Kamu perlu berhati-hati memilih produk perawatan wajah yang aman untuk kulit berjerawat dan menjaga kebersihan wajah dengan membersihkan wajahmu dengan produk cleanser yang mengandung formula anti-acne. Berikut tips cara merawat kulit wajah berjerawat?

1. Rutin Mencuci Muka

Rutin mencuci muka adalah salah satu kunci agar wajah tetap selalu bersih dan terhindar dari kotoran. Kulit wajah yang kotor dapat menyebabkan kulit wajah mudah berjerawat, karena kotor dan bakteri masuk ke pori-pori dan mengakibatkan, bakteri atau kotoran menginfeksi kulit dan memicu pertumbuhan jerawat.

Walaupun mencuci muka dapat membersihkan kulit wajah, tatapi bukan berarti kamu harus mencuci mukamu terlalu sering. Mencuci muka terlalu sering justru dapat membuat kulit wajah menjadi kering dan membuat lapisan minyak alami wajah menjadi hilang/berkurang kondisi ini dapat menyebabkan minyak berlebih pada wajah yang menyebabkan kulit wajah berjerawat.

2. Pilih Sabun Pencuci Muka sesuai Jenis

Selain rajin mencuci muka kamu juga harus memilih sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulitmu, untuk kulit yang berjerawat pilihlah produk pencuci muka yang bersifat deep cleansing jika jenis kulitmu berminyak, agar kotoran terangkat dengan optimal. Tapi, jika kulit wajahmu normal, gunakan produk gentle cleanser karena tidak  membuat kulit wajah semakin kering atau bahkan iritasi. 

3. Gunakan Toner dan Vitamin C

Toner berfungsi mengembalikan keseimbangan pH dan menenangkan kulit, selain toner kamu juga membutuhkan vitamin C untuk menyembuhkan peradangan pada jerawatmu dan mempercepat pembentukan jaringan kulit baru.

4. Kurangi Penggunaan Scrub di Kulit Berjerawat

Menggunakan scrub memang dapat mengangkat sel kulit mati, minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Yang dapat mencegah munculnya jerawat. Namun, oenggunaan scrub saat kulit berjerawat malah dapat memperburuk kondisi jerawat kamu. Oleh karena itu, jangan terlalu sering menggunakan scrub wajah.

5. Gunakan Sunscreen untuk Melindungi  Kulit dari Sinar Matahari

Untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari kita membutuhkan sunscreen. Kenapa karena UV matahari merupakan faktor yang dapat memicu peradangan, kemerahan, dan flek hitam pada wajah. Selaluelalu gunakan sunscreen SPF 15 atau lebih tinggi sebelum keluar rumah.

Pilihlah tabir surya atau sunscreen yang mengandung senyawa kimia ringan, karena hal ini bertujuan untuk mencegah kemunculan jerawat baru. 

6. Pilih Skincare atau Perawatan Wajah yang Tepat

Pilihlah produk perawatan wajah yang tepat, pilih produk perawatan wajah untuk kulit berjerawat yang mengandung salicylic acid, zinc, benzoyl peroxide, sulfur, retinol, dan vitamin c, khususnya untuk produk serum.

7. Gunakan Pelembab Wajah

Walaupun memiliki jenis kulit wajah berminyak bukan berarti tidak menggunakan pelembab wajah atau moisturizer. Perlu diketahui bahwa kulit yang mengalami dehidrasi akan menyebabkan kelenjar sebum memproduksi lebih banyak minyak yang memicu jerawat. Pilih produk pelembab atau moisturizer yang bertekstur gel karena kandungannya ringan.


Dalam merawat kulit wajah yang berjerawat memang tidak mudah dan semoga artikel cara merawat kulit wajah berjerawat ini bisa bermanfaat dan dapat diterapkan dalam perawatan wajah sehari-hari kamu. Terimakasih telah membaca artikel ini.



Baca juga:

Tips Agar Kulit Putih dan Cerah Lewat Kehidupan Sehari-hari

5 Kesalahan Mencuci Muka Penyebab Jerawat & Beruntusan







You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Popular Posts